belanja langsung ke petani

on Monday, December 11, 2017
beli langsung sayur dari petani

Sayuran adalah kebutuhan primer
terutama bagi kita yang ingin hidup lebih sehat
meskipun sayuran ini adalah sayuran yang
jatuhnya sih nggak sehat karena dimakan bareng mi instan 
 
sawi adalah sayuran pelengkap bagi mi instan
setidaknya jika mi instan itu buruk
jangan lah bikin ia makin buruk
minimal itulah yang dilakukan sawi 

dengan menambah sedikit manfaat pada semangkuk mi instan
akan lebih baik lagi jika sawi dibeli
dalam kondisi yang baik alias fresh
nah kebetulan di dekat rumah
sekitaran 200-300 meteran
ada lahan nganggur yang ditanami macam-macam
salah satunya sawi

nah saya coba beli langsung pas panen
ternyata seger-seger banget
ya iya kan habis panen 
harganya pun murah banget
dibandingkan beli di minimarket atau tukang sayur
jadi ketagihan beli sayur langsung ke petani

kamu juga mau kan?
yuk kita mulai kebiasaan ini

Wisuda atau wis udah?


Newcastle University MBA Graduation 2016-2017


Kemarin (06/12) rekan-rekan sekelas saya diwisuda
Perasaan saya gimana?
Biasa saja, turut gembira untuk rekan-rekan
Namun, bagi saya itu bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan
Symbol yang wah gitu

Menurut saya prosesi paling memuaskan adalah saat berhasil hand in disertasi
Atau kalau di Indonesia dibilangnya sih Thesis
Disanalah klimaks segala ketegangan proses kuliah Master ada
Setidaknya itu yang saya rasakan

Apalagi proses pengerjaan Disertasi itu sendiri
Yang serba tidak ideal, setidaknya itu yang saya alami
Ada banyak penyebab dan kebetulan yang saya alami adalah
Karena sulitnya mendapatkan kontak dari narasumber saya

Me before submitting my dissertation
Maka pantaslah bagi saya menyebut bahwa milestone saya
Dalam menempuh Pendidikan Master di luar negeri adalah
Ketika saya berhasil submit disertasi dengan tepat waktu
Itulah puncak ketegangan belajar di negeri ratu Elizabeth

Maka, ketika undangan wisuda pada bulan Desember 2017 datang
Saya pun dengan mantap membalas: tidak ikut wisuda dan memilih
Untuk kirim ijazah saya via ekspedisi
Saya harus kembali ke tanah air untuk bertemu keluarga

Rasa-rasanya untuk mengeluarkan uang tiket yang belasan juta per orang
Bagi saya adalah pemborosan luar biasa
Apalagi saya sudah dua kali wisuda (Ketiga D3 dan S1)
Dua-duanya diadakan di Jakarta jadi saya ikut saja
Paling tidak, untuk membahagiakan keluarga
Namun bagi saya membahagiakan orang tua sudah cukup dengan Ijazah

Saya tidak bermaksud menyerang rekan-rekan yang hadir wisuda
Baik sendiri maupun bersama keluarga
Apalagi yang sudah sengaja menabung untuk momen berharga itu
Saya sangat menghargainya

Semoga momen wisuda ini bukan akhir
Namun awal dari kerja hebat yang berawal dari proses
Yang telah dirintis dari awal perkuliahan
Semoga spirit belajar itu terus bertumbuh di dalam dada kita
Baik yang sudah menyelesaikan perkuliahan,
Sedang menjalankan perkuliahan,
Maupun yang sedang ancang-ancang untuk kuliah

Outfit Bebas

on Monday, September 4, 2017


Di sela sela per-dissertasi-an ini
Izinkan saya untuk menulis sedikit saja

Ternyata kebiasaan nulis dan kesenangannya
Tak bisa saya kikis begitu saja

Saya mau berbagi cerita ketika
Saya akhirnya memutuskan untuk kuliah lagi
Kuliah memang bukan pengalaman yang
Cukup menyenangkan bagi saya (sebelumnya)

Tapi akhirnya saya membulatkan tekad untuk kuliah juga
Sembilan tahun kerja ternyata membuat saya
Rindu juga untuk merasakan kembali tantangan kuliah
Meski saya akui kuliah di UK terutama program master setahun itu
Padat sekali jadwalnya, apalagi program yang saya ambil:MBA
Program yang memang dikenal yang paling menantang

Sebagai gambaran bahwa MBA itu kredit dalam setiap mata pelajaran itu kecil
Dibandingkan dengan rekan-rekan lainnya (sesama kuliah di kampus yg sama)
Di MBA kredit maksimal tiap mata kuliah adalah 10
Bahkan ada yang mata kuliahnya hanya 5 kredit (dengan porsi tugas yang sama)
Teman saya banyak yang kreditnya 15 atau bahkan 20
Ini tentu saja berdampak bagi jumlah pelajaran dan jumlah tugas
Yang lebih banyak tentunya (kalo menurut saya sih jauh lebih banyak)

Banyak pelajaran dari kuliah kali ini
Tapi saya sebut satu aja dulu: kebebasan berpakaian
Bukan, saya bukan mau buka bukaan
Tapi lebih pada pilihan berpakaian yang nggak harus kemeja dan sepatu kerja
Saya suka pakai kaos dan sepatu olahraga
Jadinya itulah outfit yang paling sering saya pakai

Dengan berkaos dan sepatu olahraga
Saya merasa lebih bebas bergerak
Kaos pun nyaris nggak ada yang saya setrika (time consuming banget)
Sedang sepatu olahraga bagus buat kaki saya agar bisa bergerak lebih jauh
Jalan kaki jadi lebih nyaman

Ternyata hal yang sepele menurut orang
Begitu berarti bagi saya ya
Oh iya, saya disini juga agak manjangin rambut
Kapan lagi bisa manjangin rambut, ya kan?

*foto diatas adalah contoh outfit saya di hari terakhir kuliah
kaos bola sepatu olahraga dan rambut yang sudah agak panjang